Selasa, 15 Maret 2011

Mensetting Netbeans IDE untuk mengembangkan aplikasi Android


Berawal dari keinginan untuk menggunakan Netbeans IDE (saya menggunakan versi 6.9.1) yang sudah terinstall di komputer berplatform Windows 7 saya untuk digunakan mengembangkan aplikasi berplatform Android dan mencari-cari dari berbagai sumber akhirnya berhasil juga untuk menambahkan plugins Nebean IDE untuk digunakan membuat aplikasi Android. Secara lengkap akan saya sampaikan bagaimana caranya agar Netbeans IDE kita bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android ini. Secara menyeluruh untuk membuat Netbeans IDE bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android ini diperlukan “bahan-bahan” sebagai berikut selain Netbeans IDE itu sendiri (asumsi saya anda telah menginstall Netbeans IDE), yaitu :
1. Android SDK sesuai platform OS komputer kita, untuk versi terbaru adalah versi 10 (saya menggunakan android-sdk_r10-windows.zip).
2. Andoid plugin untuk Netbeans IDE.
3. Android Virtual Device (AVD). Yang akan digunakan oleh Netbeans IDE untuk menampilkan hasil output program ketika anda me-running program didalam Netbeans IDE.
Berikut langkah-langkah detil untuk point 1 s/d 3 diatas :


A.   Menginstall Android SDK
Untuk mendapatkan Android SDK ini anda dapat mendownloadnya di http://developer.android.com/sdk/index.html . Saya menggunakan/mendownload file android-sdk_r10-windows.zip, dan saya mengekstraknya di direktori C:\. Setelah mengekstraknya, maka file-file Android SDK berada pada folder C:\android-sdk-windows
Setelah itu jalankan file “SDK setup.exe”, biarkan SDK mencek dan mengambil informasi package-package yang tersedia di web site nya untuk di tambahkan (add-on) pada komputer anda. Jika ada package yang belum ada di komputer anda maka akan muncul window konfirmasi “Choose Packages to Install”


Anda dapat memilih “Accept All” berarti menerima semua package akan diinstall/ditambahkan ke komputer anda atau memilih package-package yang dikehendaki saja dengan mensorotnya dan memilih button radio accept --> Install. Kebetulan saya hanya memilih package-package tertentu saja seperti terlihat pada window Installed package dibawah.


Ooh yaa, jika terdapat masalah saat menambahkan package tersebut karena defaultnya SDK manager akan menggunakan saluran https (saluran secure SSL), maka anda dapat mensetting SDK manager dengan memilih menu Settings --> “Force https//...sources to be fetched using http//...” seperti terlihat pada gambar dibawah


Sampai disini anda berarti telah menginstall SDK untuk Android. Untuk sementara kita tinggalkan dulu SDK manager ini. Nanti akan kita gunakan lagi pada tahap meng-create Android Virtual Device (AVD).

B.   Menambahkan Android plugins ke Netbeans IDE
Untuk menambahkan plugins android ke Netbeans IDE anda bisa melihat instruksinya di http://kenai.com/projects/nbandroid/pages/Install , namun saya akan menerangkannya dalam bahasa Indonesia sebagai berikut (bagi yang nggak bisa bhs inggris hehhee...).
Cara yang paling mudah menginstall plugin ini ke Netbeans IDE anda adalah meregister nbandroid update center ke dalam instalasi Netbeans IDE anda. Alamat update center ini adalah http://kenai.com/downloads/nbandroid/updates.xml . Untuk meregister update center ini caranya adalah: buka Netbeans IDE anda, pilih menu Tools --> Plugins, didalam window Plugins pilih tab Settings dan tekan tombol Add dan masukkan nama plugin serta address URL tersebut dan klik tombol ‘OK’, seperti pada gambar dibawah.
 
Didalam tab Available Plugins ketikkan android pada text field Search untuk memudahkan anda mencari nama item Android, tandai cek (tanda rumput) pada item nama Android selanjutnya tekan tombol Install, seperti pada gambar dibawah
 
Kemudian klik tombol Next, seperti gambar dibawah

Accept klausul lisensinya, dan tekan tombol Install, seperti gambar dibawah

Tekan Continue dan abaikan peringatan mengenai unsigned plugin untuk saat ini, seperti gambar dibawah

Sampai tahap ini anda telah melakukan instalasi plugins Android ke dalam Netbeans IDE anda.
Tahap selanjutnya adalah anda harus menambahkan android platform ke Netbeans IDE anda. Untuk tahap ini anda dapat membaca di http://wiki.netbeans.org/IntroAndroidDevNetBeans , sekali lagi saya akan menerangkannya dengan bahasa Indonesia, hheeheee....
Untuk menambahkan android platform ke Netbeans IDE, maka buka aplikasi Netbeans IDE, pilih menu Tools --> Java Platform, kemudian tekan tombol Add Platform... kemudian tandai radio button pada Google Android Open Handheld Platform selanjutnya tekan tombol Next, seperti gambar dibawah ini

Pada window Choose Platform Folder browse ke folder tempat SDK Android anda berada (di komputer saya adalah C:\android-sdk-windows). Kemudian klik tombol Next, seperti pada gambar dibawah

Pada window Add Java Platform, saya memilih Android 1.6 Standard Android platform...;1.6 karena selain hape saya masih versi android jadul juga biasanya jika aplikasi kita dicompile dengan target android versi rendah maka kemungkinan juga akan jalan di versi android lebih tinggi. Silahkan anda pilih target compiler sesuai versi android handphone yang anda miliki (misalnya jika versi android froyo yang anda punya maka bisa pilih Android 2.2 Standard Android platform..;2.2). kemudian klik tombol Finish. Maka platform tersebut sudah teregister di Netbeans IDE anda.

Kemudian klik tombol Close, seperti gambar dibawah. Jika anda mau, dengan cara yang sama anda bisa menambahkan Java Platform Android versi lainnya (mis. Versi Android 2.2).

C.   Membuat Android Virtual Device (AVD)
Android Virtual Device digunakan oleh Netbeans IDE kita untuk menampilkan hasil running dari program yang kita buat, jika AVD belum dibuat maka akan muncul window permintaan AVD oleh Netbeans IDE untuk menampilkan output program. AVD juga merupakan Virtual Device untuk Handphone Android yang berada komputer kita. Jadi jika anda belum punya Hape Android atau ingin mencoba aplikasi-aplikasi android, maka anda bisa menggunakan AVD ini untuk mencoba berbagai aplikasi-aplikasi android untuk melihat tampilannya sebelum anda menaruhnya di Hape Android anda. Adapun untuk membuat AVD adalah sebagai berikut :
Jalankan aplikasi SDK Manager.exe yang ada di folder C:\android-sdk-windows\SDK Manager atau jika sudah ada shortcutnya pada desktop anda maka bisa men-double klik icon tsb. Kemudian pilih menu “Virtual devices” dan klik pada tombol New, seperti gambar dibawah

Kemudian akan terbuka window “Create new Android Virtual Device”. Yang harus anda lakukan adalah :
Name : beri nama android device anda (mis. HapeDroid2.2)
Target : pilih OS Android version sesuai yang anda tambahkan pada Netbean IDE (mis, Android 2.2)
SD Card Size : ini adalah SD Card (Memory Card) Virtual untuk AVD anda. Disini saya isi SD Card dengan kapasitas 1000MiB (1Gb).
Skin : anda boleh memilih screen resolution yang telah tersedia atau membuat custom resolution sesuai dengan Hape Android yang anda inginkan. Disini saya memilih WVGA800 (800x480), karena inilah screen resolution sebagian besar Hape android. Jika ingin membuat Android Tablet, anda bisa membuat screen resolutionnya jadi 1024x600.
Hardware : ini dipilih secara otomatis. Untuk sementara anda tidak perlu merubah apapun.

Setelah itu klik tombol “Create AVD” dan klik OK saja pada window “Result of creating AVD ‘HaPeDroid2.2’:”. Sampai tahap ini anda telah berhasil membuat AVD. AVD yang baru saja anda buat akan muncul dalam daftar Virtual Devices. Dengan cara yang sama diatas anda bisa membuat AVD lebih dari satu sesuai kebutuhan anda, seperti pada gambar dibawah saya telah membuat AVD 2 buah.

Untuk menjalankan AVD, pilih/sorot dan kemudian klik tombol Start. Jendela Pilihan Peluncuran akan terbuka, yang memungkinkan anda untuk mengatur skala tampilan dan Wipe User Data. Jika tampilan window AVD terlalu kecil anda bisa men-centang “Scale display to real size” dan set nilai Screen size (in) = 4 atau 5. Atau jika ingin ukuran window nya default anda cukup klik tombol Launch untuk memulai AVD tersebut.

Mungkin akan butuh sedikit waktu bagi AVD untuk mulai (tergantung Spesifikasi komputer anda), jadi bersabarlah (di komputer saya cukup lama dimana AVD akan booting start seperti di Hape aslinya). AVD juga bisa disebut Android Emulator karena mengemulasi Android device, anda bisa mendownload aplikasi-aplikasi android dan mencobanya di AVD anda.

Sebelah kiri adalah tampilan android anda dan sebelah kanan adalah tombol navigasi dan keyboard virtual. Biasanya, anda akan jarang menggunakan tombol navigasi dan keyboard virtual karena mouse dan keyboard komputer anda bisa melakukannya. Berikut adalah shortcut untuk membantu anda menggunakan keyboard komputer untuk menjalankan AVD :
Home
Go to the Home Screen
F2
Menu Button
ESC
Back Button
F6
Toggle Trackball Mode
Ctrl+F5
Increase Volume
Ctrl+F6
Decrease Volume
Ctrl+F11
Switch Between Portrait and Landscape Mode
Alt+Enter
Toggle Full-Screen Mode

Sebelum menjajal AVD, mungkin sebelumnya anda ingin mencek apakah AVD anda terkoneksi ke internet? lihat status bar ikon, jika anda melihat ikon 4 garis dan 2 baris pertamanya menyala, maka anda sudah terkoneksi ke internet. Anda bisa memastikannya dengan mengklik web browser ikon di layar AVD.

Selamat, anda telah punya Hape android (di komputer anda ...).

D.   Membuat sebuah project Android baru di Netbeans IDE
Sekarang anda mencoba Netbeans IDE anda untuk membuat sebuah project aplikasi Android baru. Untuk ini saya memberi contoh kode program sebagai berikut untuk bisa anda coba, sbb:

package org.me.hellodroid;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.widget.TextView;

/**
* @author Aryo
 */
public class MainActivity extends Activity {
    public void onCreate(Bundle icicle) {
        super.onCreate(icicle);

        TextView tv = new TextView(this);
        tv.setText("Hello Aryo. ini adalah Android");
        setContentView(tv);
    }
}

Buka Netbeans IDE anda, dan pilih menu File-->New Project... kemudian pilih Android paltform

Isikan Project Name dan field yang lain. Pilih Android Platform sesuai target anda yang sudah didefinisikan pada langkah sebelumnya. Kemudian klik tombol Finish.

Copy-kan kode program Hello World tadi di MainActivity.java dan selanjutnya anda run program tersebut (jika ada kesalahan betulkan), maka Netbeans IDE akan otomatis memanggil AVD yang anda buat untuk menampilkan output nya atau sebelum anda run program, anda dapat menjalankan AVD lebih dahulu untuk menghemat waktu AVD melakukan booting start sehingga anda bisa lebih cepat melihat out put program anda.

Sekarang tinggal anda menuangkan ide dan kreasi anda. Semoga bermanfaat.

Sumber :

12 komentar:

  1. mas saya punya masalah pada available plugin,,
    muncul kotak dialog dengan tulisan seperti ini,

    Check your proxy settings or try again later. The server may be unavailable at the moment.

    You may also want to make sure that your firewall is not blocking network traffic.

    It might happen your caches are out of date. Please click Reload Catalog to refresh content.

    mohon pencerahan cara mengatasinya mas,,
    terima kasih

    BalasHapus
  2. coba ganti URL nya jadi

    http://deadlock.netbeans.org/hudson/job/nbandroid/lastStableBuild/artifact/build/updates/updates.xml

    BalasHapus
  3. Some plugins require plugin Swing Layout Extensions integration to be installed.
    The plugin Swing Layout Extensions integration is requested in version >= 1.13.1 but only 1.10.1.103 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin JPDA Debugger API to be installed.
    The plugin JPDA Debugger API is requested in version >= 2.27.1 but only 2.23.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin Classpath APIs to be installed.
    The plugin Classpath APIs is requested in version >= 1.25.1 but only 1.22.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin External Execution Support to be installed.
    The plugin External Execution Support is requested in version >= 1.21.1 but only 1.18.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin Options Dialog and SPI to be installed.
    The plugin Options Dialog and SPI is requested in version >= 1.18.1 but only 1.16.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin Debugger Core - UI to be installed.
    The plugin Debugger Core - UI is requested in version >= 2.23.1 but only 2.19.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin Explorer & Property Sheet API to be installed.
    The plugin Explorer & Property Sheet API is requested in version >= 6.28.1 but only 6.22.1.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin I/O APIs to be installed.
    The plugin I/O APIs is requested in version >= 1.23.1 but only 1.20.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin Datasystems API to be installed.
    The plugin Datasystems API is requested in version >= 7.16.1 but only 7.10.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin Nodes API to be installed.
    The plugin Nodes API is requested in version >= 7.16.1 but only 7.12.1.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin Text API to be installed.
    The plugin Text API is requested in version >= 6.30.1 but only 6.27.1 was found. The following plugin is affected:       Android
    Some plugins require plugin org.openide.util.lookup to be installed.
    The plugin org.openide.util.lookup is requested in version 8.3.1. The following plugin is affected:       Android Some plugins not installed to avoid potential installation problems.



    plugins tidak bisa dinstal thu gan ,,

    BalasHapus
  4. gan klo plugin android-sdk_16 pada netbeans 6.9.1 windows 7..
    ada ga tutor'a..
    soal'a ane nyari2 and otak-atik kga bisa2... klo nemu cara'a mohon sharing2 gan,, d tunggu,,
    oiya ane pk android ginger bread...

    BalasHapus
  5. pagi mas,mas saya sudah ikuti langkah2 diatas,
    namun saat pilih platform nya gak bisa, Google Android Open Handheld Platform gK ada. dan saat di debug keluar error android target is not set.
    bagaimana kira2 mas solusinya. saya sudah coba ganti platform dan lain lain ttp saja gak bisa. mohon pencerahannya mas untuk masalah ini. saya menggunakn netbeens 6.9.1 , sdk versi r10, dan platform 2.2 r2
    tolong ya mas, terima kasih, jawabannya bisa tolong di email saya mas. novian_prizon@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
  6. trima kasih, bro....
    saya coba yah...

    BalasHapus
  7. Bisa gak kalo saya pake netbeans versi 7.1.1

    BalasHapus
  8. Tutorialnya bagus Pak Hampir sama seperti yg kami praktekkan di lab kunbal pak blog baru ku
    http://aris88stmik-plk.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget, aku juga punya nih Tutorial Gratis

    BalasHapus
  10. Mau nanya pak..
    pas bagian tool- java platform - add platform.. saya tidak menemukan pilihan "Google Android Open Handheld Platform". Jadi langsung loncat ke bagian cari folder.
    terus saya cba plih folder Android SDK, tidak bisa di next.
    Kira" permasalahannya dimana ya pak ? tolong balas ke email saya ya pak cintcintia18@gmail.com
    terimaksih banyak pak..

    BalasHapus
  11. plug in nya saya tdak bisa,alamt nya tdak bsa di acces gan saya pake netbeans 8.0.2

    BalasHapus
  12. min, saya instal plugin ireport di netbeans, tapi kalo netbeans di close terus dibuka lagi cuma ngeload dan ga masuk ke netbeannya. mohon pencerahannya :D

    BalasHapus