Selasa, 15 Maret 2011

Mensetting Netbeans IDE untuk mengembangkan aplikasi Android


Berawal dari keinginan untuk menggunakan Netbeans IDE (saya menggunakan versi 6.9.1) yang sudah terinstall di komputer berplatform Windows 7 saya untuk digunakan mengembangkan aplikasi berplatform Android dan mencari-cari dari berbagai sumber akhirnya berhasil juga untuk menambahkan plugins Nebean IDE untuk digunakan membuat aplikasi Android. Secara lengkap akan saya sampaikan bagaimana caranya agar Netbeans IDE kita bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android ini. Secara menyeluruh untuk membuat Netbeans IDE bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android ini diperlukan “bahan-bahan” sebagai berikut selain Netbeans IDE itu sendiri (asumsi saya anda telah menginstall Netbeans IDE), yaitu :
1. Android SDK sesuai platform OS komputer kita, untuk versi terbaru adalah versi 10 (saya menggunakan android-sdk_r10-windows.zip).
2. Andoid plugin untuk Netbeans IDE.
3. Android Virtual Device (AVD). Yang akan digunakan oleh Netbeans IDE untuk menampilkan hasil output program ketika anda me-running program didalam Netbeans IDE.
Berikut langkah-langkah detil untuk point 1 s/d 3 diatas :

Selasa, 01 Maret 2011

IT – Infrastructure Library (IT- Service Management) Sebuah Acuan Pengoperasian Teknologi Sistem Informasi di Industri


A.   PENDAHULUAN
Saat ini bagi dunia industri, Teknologi Informasi (TI) sudah menjadi salah satu pilar organisasi utama dalam menjalankan bisnisnya. Hampir semua sektor industri bisnis maupun pemerintahan (produksi, perdagangan, keuangan, transportasi, kesehatan, pendidikan, informasi dan komputer, telekomunikasi, administrasi pemerintahan, dsb) telah menerapkan Teknologi Informasi (TI) di Institusinya dari skala rendah sampai dengan skala yang kompleks. TI telah dianggap menjadi pendukung (supported) keberhasilan bisnis sekaligus juga menciptakan (enabler) bisnis-bisnis baru. Hal ini pula menyebabkan hampir di semua institusi mengimplementasi unit organisasi TI nya terutama di industri bisnis untuk mengelola investasi TI nya.
Sebuah institusi / organisasi dalam menjalankan Teknologi Sistem Informasi (System IT) terdapat tiga pilar utama (triangle pilars) keberhasilan penerapan TI, yaitu :
·         People, mencakup pelanggan, pengguna, pengelola TI, pengelola management.
·         Process, mencakup metodologi, petunjuk pelaksana dalam hal ini adalah ITSM.
·         Technology (Product), mencakup tools, teknologi dan produk TI.
Masa lalu seringkali praktisi TI lebih terfokus pada pilar Technology sebagai faktor keberhasilan penerapan TSI dalam mencari solusi permasalahan dan melupakan pilar yang lain seperti People dan Process sehingga pada kenyataannya masih menghadapi kendala (atau kurang sukses) dalam penerapannya, apalagi dikaitkan dengan ukuran efektifitas dan efisiensi. Menyadari hal itu, saat ini praktisi IT memberikan fokus kepada pilar lainnya yaitu Process (juga People) yang selama ini tertinggal untuk keberhasilan penerapan TI di organisasi bisnisnya.
IT Infrastructure Library (IT Service Management) adalah salah satu proses menerapkan TSI dalam triangle IT tersebut bagi institusi / organisasi.