Sabtu, 22 September 2012

10 Pekerjaan terbaik dan 5 profesi terburuk di tahun 2012

Bagi anda para mahasiswa atau pelajar SMA yang merencanakan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, mungkin perlu mempertimbangkan laporan hasil penelitian, survey dari lembaga konsultan karir dan lowongan kerja CareerCast ini sebelum anda memilih bidang keilmuan apa yang ingin anda minati di perguruan tinggi nanti.

Pemilihan pekerjaan ini berdasarkan faktor-faktor lingkungan kerja, tingkat stres pekerjaan, tuntutan fisik, dan proses perekrutannya. Menurut CareerCast, pekerjaan ini memiliki gaji yang besar, lingkungan kerja yang baik, dan menuntut keterampilan yang tinggi.

Berikut ini adalah 10 pilihan pekerjaan terbaik di 2012 versi CareerCast.

1. Ahli Perangkat Lunak
Gaji: US$ 88.142 atau Rp 837,4 juta 
Ledakan media sosial, e-commerce, dan situs berita online mungkin salah satu penyebab pekerjaan ini berada di posisi nomor satu dunia. Ahli perangkat lunak tetap di posisi teratas selama dua tahun berturut-turut. CareerCast mengatakan, perekayasa perangkat lunak juga memiliki beberapa tuntutan fisik dan stres yang minimal. Pekerjaan ini juga memiliki lingkungan kerja yang baik dan prospek perekrutan yang kuat.

Bidang keilmuan: Ilmu Komputer (Sistem Informasi, Teknik Informatika)

2. Analis
Gaji: US$ 88.202 atau Rp 837,9 juta
Aktuaris atau seorang penganalisis bahaya yang mungkin akan terjadi dalam sebuah perusahaan adalah pekerjaan terbaik kedua di dunia menurut CareerCast.

Rupanya, menentukan probabilitas kecelakaan, sakit, kematian, dan kerugian harta benda dari pencurian dan bencana alam serta tidak mengurangi lingkungan sangat diperlukan saat ini.
Bidang keilmuan: Sosiologi. Humaniora, Ekonomi SDM

3. Manajer Sumber Daya Manusia
Gaji: US$ 99.102 atau Rp 941,5 juta
Seorang manajer sumber daya manusia perlu merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan semua kegiatan sumber daya manusia dan staf organisasi untuk mengembangkan pekerja di perusahaan itu.

Bidang keilmuan: Manajemen SDM

4. Ahli Kesehatan Mulut
Gaji: US$ 68.109 atau Rp 647,03 juta
Mereka bukan dokter gigi, tetapi mereka membantu dokter gigi dalam aspek diagnostik dan terapi kelompok atau praktek gigi swasta. Mereka ahli dalam menjaga kesehatan mulut dengan fokus pada teknik kebersihan mulut dan gigi.

Bidang keilmuan: Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat

5. Perencana Keuangan 
Gaji: US$ 104.161 atau Rp 989,5 juta
Masalah ekonomi individu atau perusahaan adalah masalah yang cukup umum saat ini. Maka tidak heran ketika seorang perencana keuangan sangat dibutuhkan karena keahlian mereka dalam manajemen portofolio dan membantu individu dalam mengelola dan merencanakan masa depan keuangan mereka.

Bidang keilmuan: Ekonomi, Manajemen Keuangan

6. Audiolog
Gaji: US$ 67.137 atau Rp 637,8 juta
Karier yang berhubungan dengan kesehatan kedua dalam daftar ini adalah audiolog. Profesi ini membantu merawat dan mendiagnosis pasien yang berhubungan dengan masalah pendengaran.

Bidang keilmuan: Kedokteran

7. Ahli Terapi
Gaji: US $ 72.110 atau Rp 688,289,927.65
Membantu orang-orang di bidang yang berhubungan dengan kesehatan juga dapat menghasilkan pendapatan yang cukup. Ahli terapi membantu secara emosional, fisik, serta mental untuk perkembangan pasien. Bantuan itu diberikan hingga pasien sudah mencapai kemandirian.

Bidang keilmuan: Kedokteran

8. Manager Iklan Online 
Gaji: US$ 87.255 atau Rp 828,9 juta
Manajer periklanan online adalah pekerjaan pendatang baru dalam daftar pekerjaan terbaik ini. Melihat perkembangan terakhir dari dunia media sosial dan Internet, beberapa perusahaan mulai melirik industri iklanonline.

Bidang keilmuan: Ilmu Komunikasi (Marketing)

9. Analis Sistem Komputer
Gaji: US$ 78.148 atau Rp 742,4 juta
Analis sistem komputer merencanakan dan mengembangkan sistem komputer untuk bisnis dan lembaga-lembaga ilmiah. Dengan teknologi yang semakin berkembang, pekerjaan ini naik empat peringkat hingga menduduki posisi sembilan.

Bidang keilmuan: Ilmu Komputer (Teknik Informatika)

10. Ahli Matematika
Gaji: US$ 99.191 atau Rp 942,3 juta 
Menganalisis angka bisa mendapatkan pendapatan yang cukup tinggi. Ahli matematika menerapkan teori-teori matematika untuk mengajar atau memecahkan masalah dalam bisnis, pendidikan, atau iklim industri.

Bidang keilmuan: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Matematika)


Selain itu ada lima profesi yang dinilai paling buruk, dalam artian kurang prospektif, berbahaya, serta menyita tenaga fisik lebih banyak ketimbang pemikiran.

Dalam rilisnya, Rabu 11 April 2012, CareerCast menganalisis 200 profesi yang dilakoni masyarakat di Amerika dan seluruh dunia pada umumnya. Menurut konsultan CareerCast, Tony lee, selain upah, prospek serta usaha fisik, kriteria lain untuk profesi terburuk tahun 2012 ialah spesifikasi keahlian dan pendidikan yang diperlukan untuk pekerjaan itu.

"Untuk pekerjaan terbaik perlu banyak lulusan universitas. Tapi untuk masuk pada profesi terburuk ini orang kadang tak memerlukan ijazah," ujar dia seperti dikutip dari CNBC, Rabu 11 April 2012.

Mau tahu apa saja profesi yang dinilai paling buruk? Ini dia daftar lima teratasnya.


1. Penebang kayu
Upah tahunan rata-rata 2012: US$ 32.144 (Rp 295,2 juta).
Upah tahunan rata-rata 2011: US$ 32.109 (Rp 294,9 juta).
Kenaikan gaji: flat.
Penebang kayu dinobatkan sebagai pekerjaan terburuk lantaran mengabaikan keselamatan, jam kerja, serta banyak menyita tenaga. Selain itu tingkat pembayaran gajinya terbilang payah. 

2. Peternak sapi perah
Upah rata-rata 2012: US$ 33.119 (Rp 304,1 juta).
Upah rata-rata 2011: US$ 32.114 (Rp 304,1 juta).
Kenaikan gaji: flat.
Mengapa peternak sapi dianggap pekerjaan yang payah? "Gajinya rendah," kata Tony Lee. Profesi ini pun rentan celaka. Bayangkan jika sapi-sapi itu menendang pemerah susu yang bekerja tanpa alat perlindungan tubuh. Tapi ada satu ironi yang membuat pekerjaan ini makin payah. "Industri susu dijalankan korporasi besar dengan memeras tenaga masyarakat kecil yang tak memiliki pendidikan," ujar Lee.

3. Tentara
Upah rata-rata 2012: US$ 36.261 (Rp 333 juta).
Tahun ini tentara masuk dalam daftar pekerjaan paling buruk. Selain karena berbahaya, membuat stres dan menyita tenaga, para pelakunya kerap tak mendapat informasi atas apa yang mereka jalani dari komandannya. "Ini jenis profesi yang membuatku ingin segera pensiun." kata Lee.

4. Pekerja tambang minyak
Upah rata-rata 2012: US$ 32.132 (Rp 331,8 juta).
Upah rata-rata 2011: US$ 32.143 (Rp 331,9 juta).
Kenaikan gaji: flat.
Anda mungkin terkejut saat mengetahui teknisi minyak dinobatkan sebagai satu dari lima profesi terburuk. Meski industri minyak dianggap sektor bisnis paling seksi, para teknisinya toh bisa dibilang nelangsa. Tony Lee mengatakan hal itu disebabkan oleh tingkat kenaikan gaji mereka terbilang datar padahal lingkungan pekerjaannya sangat berbahaya. "Tingkat kematiannya tinggi," ujarnya.

5. Wartawan Surat Kabar
Upah rata-rata 2012: US$ 35.275 (Rp 324 juta).
Upah rata-rata 2011: US$ 34.275 (Rp 314,8 juta).
Kenaikan gaji: +3 persen.
Jika menjadi wartawan, Anda dihadapkan pada tingkat stres yang tinggi. Tantangan berat juga dihadapi wartawan surat kabar lantaran mereka mesti bersaing dengan media online dan jurnalis amatir (citizen journalist)yang membuat berita di media-media sosial. “Karena industrinya suram, perusahaan koran banyak yang mesti dimerger, bahkan bangkrut," kata Tony Lee.


Namun perlu anda ingat bahwa pada dasarnya semua pekerjaan yang dilakukan secara halal adalah baik. Dan dunia/masyarakat butuh karya dari hasil pekerjaan anda apakah itu yang termasuk profesi terbaik maupun yang termasuk profesi terburuk atau profesi lain yang belum tercantum diatas.


Sumber:
1. http://www.tempo.co/read/news/2012/09/22/215431234/10-Pekerjaan-Terbaik-di-2012
2. http://www.tempo.co/read/news/2012/04/11/092396280/Lima-Profesi-Ini-Dinilai-Paling-Buruk

1 komentar:

  1. bekerja merupkan sebuah cara untuk menghasilkan uang, tapi tidak semua menyenangkan. Temukan 3 cara memiliki pekerjaan terbaik di dunia di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia

    BalasHapus