Kamis, 20 September 2012

Menginstall MySQL Workbench di Linux Ubuntu 11.10

Setelah mencari-cari melalui paman Google akhirnya ketemu juga cara menginstall aplikasi MySQL Workbench di Linux ubuntu 11.10 saya. Dan hasil instalasi berjalan sempurna.



Sebagai informasi bahwa aplikasi MySQL Workbench adalah aplikasi tambahan pendukung yang sifatnya mendekati 'hukum wajib' untuk diinstall juga jika anda menginstall paket DBMS MySQL dari Oracle. Dengan MySQL Workbench anda dapat melakukan fungsi-fungsi yang diperlukan mengelola database secara terpadu dan dalam bentuk visual GUI. Fungsi-fungsi tersebut adalah (1) administrasi (start/stop Server, Security, import/export, dll) DBMS MySQL; (2) membuat rancangan Extended Entity Relationship (EER) diagram sebagai model schema sekaligus melakukan forward engineering menghasilkan DDL script dan mengeksekusinya sehingga database yang diinginkan secara otomatis dapat dibentuk (juga bisa melakukan reverse engineering atau menghasilkan EER diagram dari schema/database yang ada); (3) melakukan SQL Development (secara manual) untuk membentuk database, tabel-tabel, field-field (dan tipe data field), mengisi data pada field-field tabel dan melakukan query/eksekusi script SQL.
Mungkin dengan MySQL Workbench rasanya tidak diperlukan lagi untuk menginstall aplikasi MySQL  Admin dan MySQL Query Browser, dimana semua fungsi tersebut sudah ada di MySQL Workbench.

Baik, agar tidak berlama-lama akan saya uraikan cara instalasinya sebagai berikut:

1. Download dulu aplikasi MySQL Workbench dari alamat web ini. Kemudian anda klik link "MySQL Workbench 5.2.35-1 for Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot i386 deb package", maka otomatis MysSQL Workbench 5.2.35 ini didownload ke komputer anda. Saya memilih versi 5.2.35-1 ini karena versi ini telah ditambahkan patch yang diperlukan oleh pemilik website nya untuk versi Linux ubuntu 11.10. Memang ada MySQL Workbench versi yang terbaru (versi 5.2.43) jika anda mendownload dari website sumbernya, namun bisa saya pastikan versi tersebut tidak akan jalan di Linux ubuntu 11.10 anda (dari website sumbernya tersebut tercantum bahwa versi 5.2.43 diperuntukkan untuk Linux ubuntu versi 11.04 dan 12.04, saya juga heran kenapa yaa gak ada (dicantumkan) untuk versi 11.10??).

2. Sebelum menginstall paket aplikasi MySQL Workbench tersebut, maka lakukan berturut-turut sbb:
       $ sudo apt-get install liblua5.1-0
       $ sudo apt-get install python-pysqlite2
       $ sudo apt-get install python-paramiko
       $ sudo apt-get install libctemlate0
       $ sudo apt-get install libzip1

3. Setelah itu baru anda install aplikasi MySQL Workbench tersebut dengan double klik pada file .deb tersebut dan memilih Install Package, atau dengan perintah :
     $ sudo dpkg -i mysql-workbench-gpl-5.2.35-1.i386.ubuntu-oneiric.deb

Demikian sharing ini, semoga bermanfaat.
       

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Ubuntu 11.10 silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4836/1/Slide%20Presentasi%20Sidang.pdf

    BalasHapus