Selasa, 31 Januari 2012

Manipulasi Database dengan NetBeans IDE dan PostgreSQL


A.    PENDAHULUAN
NetBeans adalah Integrated Development Environment yang sudah lengkap, terutama dalam pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java. Salah satu fasilitas didalam NetBeans adalah kita dapat secara mudah melakukan koneksi ke Database untuk dapat bekerja dengan Database yang diinginkan.
Pada tulisan saya ini akan mencoba menunjukkan bagaimana menggunakan NetBeans untuk dapat bekerja dengan Database. Adapun komponen yang saya gunakan adalah:
·       NetBeans IDE versi 7.1.
·       DBMS PostgreSQL versi 9.1.
Silahkan anda menginstalasi lebih dahulu komponen-komponen tersebut. Jika anda memiliki versi yang lebih rendah dari komponen tersebut saya kira juga tidak bermasalah. Berdasarkan informasi, fasilitas ini sudah didukung sejak versi NetBeans 5.x.
B.    MENAMBAH DRIVER DATABASE
Tahap awal, buatlah database menggunakan pgAdmin dari postgreSQL, misalnya dbTest. Sedangkan untuk membuat tabel-tabelnya akan kita lakukan didalam NetBeans IDE.
Gambar 1. Buat database dari pgAdmin
Kemudian jalankan NetBeans IDE dan pilih tab Services, buka (klik tanda +) folder Drivers dimana secara default NetBeans sudah memasukkan beberapa konektor driver database.
Gambar 2. Tab Services - Database
Jika driver konektor database untuk PostgreSQL belum ada (atau juga konektor database lainnya) maka anda dapat menambahkannya dengan cara klik kanan pada folder Drivers, pilih New Driver (sebelumnya anda harus lebih dahulu menginstalasi atau mengekstrak konektor database dimaksud), pilih button Add, carilah konektor postgreSQL di direktori yang sesuai, kemudian OK, maka konektor database postgreSQL sudah terdaftar di NetBeans.
C.    MENCIPTAKAN KONEKSI DATABASE
Untuk menciptakan koneksi ke database kita (dbTest), maka klik kanan pada konektor PostgreSQL seperti gambar di bawah dan pilih Connect using....
Gambar 3. Membuat Database
Selanjutnya pada window Database Connetion, masukkan host, port, Database [=dbTest], user name, password. Data ini disesuaikan dengan PostgreSQL anda. Sebelum mengklik tombol next anda dapat melakukan test koneksi apakah koneksi ke Database tujuan sudah berhasil atau tidak dengan mengklik tombol Test Connection.
Gambar 4. Mengisi data identitas Database
Kemudian klik tombol Next, biarkan pilihan Select schema adalah Information_schema (default). Kemudian klik tombol Finish.
Gambar 5. Memilih skema database
Jika pembuatan koneksi ke Database tujuan berhasil maka akan ditampilkan tampilan seperti gambar dibawah ini.
Gambar 6. Hasil pembuatan koneksi ke database
D.    MEMBUAT TABEL
Selanjutnya kita akan membuat tabel di database dbTest. Pada database PostgreSQL tabel-tabel yang dibuat oleh users harus berada di direktori ../public/Tables. Pada folder Table tersebut klik kanan dan pilih Create Table... Pada window Create Table isilah nama tabel (Table Name = tPerson) dan field-field yang diinginkan. Untuk menambah field atau kolom klik Add Column. Buat field/kolom seperti gambar dibawah ini.
Gambar 7. Membuat tabel dan fields tabel
Selanjutnya pilih OK jika mengakhiri membuat fields tabel. Jika berhasil maka akan ditampilkan seperti tampilan gambar dibawah ini.
Gambar 8. Hasil pembuatan tabel
Sampai disini kita telah menambah tabel dan membuat field-fieldnya ke tabel tPerson dengan menggunakan NetBeans IDE.
E.    MEMANIPULASI DATABASE
Selanjutnya untuk memanipulasi (CRUD- Create, Read, Update, Delete) data tabel tPerson  yang baru kita buat dapat menggunakan perintah-perintah SQL juga dari dalam NetBeans IDE.
Pada tabel tPerson, klik kanan dan pilih Execute Command. Maka pada bagian kanan IDE NetBeans akan ditampilkan editor tempat kita menulis perintah-perintah SQL.
Gambar 9. Editor perintah SQL
Selanjutnya tuliskan perintah SQL pada editor SQL seperti gambar dibawah untuk menambah data di tabel tPerson.
Gambar 10. Perintah SQL di editor SQL
Untuk mengeksekusi perintah SQL ini maka klik icon Run SQL seperti pada gambar dibawah. Jika perintah SQL tersebut berhasil dieksekusi maka pada status bar NetBeans IDE akan terdapat pesan bahwa SQL berhasil dieksekusi.
Gambar 11. Hasil eksekusi perintah SQL
Untuk menampilkan data yang ada pada tabel tPerson kita dapat juga menuliskan perintah SQL pada editornya, misalnya SELECT *FROM tperson, Run SQL, dan hasilnya akan ditampilkan seluruh data yang ada pada tabel tPerson pada bagian bawah dari SQL editornya.
Gambar 12. Hasil eksekusi perintah SQL read
Cara yang sama dapat dilakukan untuk perintah CRUD lainnya.


Semoga bermanfaat. Tulisan berikut adalah bagaimana kita membuat aplikasi enterprise (Java EE) menggunakan konsep MVC (Model-View-Controler) ataupun menggunakan framework Java. Sudah tentu dengan NetBeans IDE. Secara prinsip sebuah aplikasi Java EE mengimplementasi arsitektur Three Tier (aplikasi front end atau UI yang mungkin berbasis web, business logic atau application server, storage atau koneksi database). Framework-framework Java yang berkembang saat ini memudahkan kita untuk membuat aplikasi enterprise (dibuatkan sekaligus aplikasi front end, aplikasi business logic dan koneksi database) hanya dalam hitungan hari.
DAFTAR PUSTAKA
·       www.netbeans.org