Senin, 15 Desember 2014

Install Android Studio di Ubuntu 14.04LS x64

Setelah menelusuri beberapa referensi melalui google search akhirnya berhasil juga melakukan instalasi aplikasi Android Studio di Ubuntu 14.04LS x64. Android Studio adalah legacy IDE dari Google sebagai sarana pengembangan aplikasi-aplikasi untuk platform android. Ia mendapatkan dukungan langsung dari Google.

Kredit point untuk Paolo Rotolo, seorang programmer muda dari italia yang merupakan team Numix yang telah membuat PPA untuk instalasi Android Studio di Ubuntu dan Linux Mint sehingga instalasi Android Studio di platform tersebut menjadi mudah. PPA ini tidak akan mengupdate otomatis aplikasi. Update dilakukan didalam aplikasi Android Studio sendiri karena Android Studio punya fasilitas checking update didalamnya.

Instalasi Android Studio melalui PPA dari Paolo Rotolo berjalan bagus dan tidak ada masalah. Masalah muncul ketika Android Studio untuk pertama kali running (setelah instalasi). Akan muncul window setup wizard dan ia akan melakukan update android SDK dan membuat Android Virtual Device (AVD). Dalam kasus saya di Ubuntu 14.04LS x64 akan muncul pesan berikut:

Android SDK is up to date.
Creating Android virtual device
Unable to access SDK
Dan dipaksa untuk mengklik hanya tombol Finish yang akan membuat window setup wizard menutup. Ketika menjalankan kembali (meng-klik) aplikasi Android Studio maka kasus diatas akan berulang alias tidak bisa membuka aplikasi Android Studio.

Berikut langkah-langkah untuk menginstall Android Studio sekaligus mengatasi masalah tersebut di Ubuntu 14.04LS x64. Mungkin akan bisa digunakan juga di versi Ubuntu lain atau platform Linux lain.


Instalasi Andorid Studio

Buka terminal (Ctrl+Alt+T) dan jalankan perintah berikut :
sudo apt-add-repository ppa:paolorotolo/android-studio
sudo apt-get update
sudo apt-get install android-studio

Sangat mudah bukan, dan ini akan mendownload sekitar 650 MB data, sehingga pastikan internet anda bagus dan sabar menunggu.


Memunculkan Icon Shortcut pada Desktop Dash

Setelah itu edit file android-studio.desktop dengan perintah sebagai berikut:
shell> sudo gedit /usr/share/applications/android-studio.desktop

Copy dan paste entry berikut:
[Desktop Entry]
Version=1.0
Type=Application
Name=Android Studio
Icon=/opt/android-studio/bin/idea.png
Exec=/opt/android-studio/bin/studio.sh
Comment=Develop with pleasure!
Categories=Development;IDE;
Terminal=false


Dalam kasus saya terdapat properti Icon yang tidak mengarah ke lokasi file yang benar sehingga shortcut icon pada Dash desktop tidak muncul sehingga perlu mengedit android-studio.desktop seperti diatas.

Anda dapat menjalankan aplikasi Android Studio dengan me-running di shell>sh /opt/android-studio/bin/studio.sh atau meng-klik icon di Dash.



Pada tahap ini setup wizard akan men-download android sdk dan membuat avd. Pastikan internet bagus dan sabar karena akan mendownload sekitar 1GB data.



Mengatasi Masalah saat Running Wizard Setup (Pertama Kali)

Jika terdapat masalah saat pertama kali Android Studio running (settup wizard) seperti kasus diatas saat melakukan create Android Virtual Device (AVD), maka lakukan perintah berikut dari terminal,

$ sudo apt-get install lib32z1 lib32ncurses5 lib32bz2-1.0
$ sudo apt-get install apt-get install lib32stdc++6

Hal tersebut karena adb dan beberapa sdk tools pada android studio masih menggunakan library 32 bit, sementara jika kita menginstall Ubuntu 64 bit maka library-library tersebut tidak di ikutsertakan.
Jalankan kembali aplikasi Android Studio (settup wizard), mudah2an kali ini masalah tidak muncul.

Demikian penjelasan cara instalasi Android Studio berikut cara mengatasi masalah pada platform Ubuntu 14.04LS x64.


Daftar Pustaka:
  • http://itsfoss.com/install-android-studio-ubuntu-linux/, diakses 15-12-2014.
  • http://askubuntu.com/questions/560172/cannot-install-android-studio-on-ubuntu-error-unable-to-access-sdk, diakses 15-12-2014.

2 komentar:

  1. Terima kasih bapak sudah sharing ilmu cara install android studio nya. Saya mencari" ke mana-mana dan akhirnya menemukan yang pas.

    BalasHapus