UAS Kriptografi - Kelas Reguler - Genap 2016/2017

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

UJIAN AKHIR SEMESTER
Tahun Akademik 2016/2017
Mata Kuliah              :    Kriptografi
Prog/Prodi/Smtr       :    S1/SI/VI
Hari/Tanggal             :    Rabu, 19-07-2017
Dosen                        :    Aryo Nur Utomo, ST, M.Kom
Waktu Pengumpulan :    Senin, 24-07-2017
Sifat Ujian                 :    Open
________________________________________________________________________________

PENGERJAAN TUGAS

  • Buat kelompok/group dengan anggota maksimal 2(dua) orang. Kelompok dengan anggota kurang dari 2 orang akan mendapat bonus nilai.
  • Tugas UAS dikerjakan bersama-sama dalam kelompok/group masing-masing.

MATERI TUGAS

  1. Jelaskan dengan lengkap apa yang dimaksud dengan kriptografi  kunci simetri. Sebutkan min. 3 algoritma kriptografi kunci simetri yang ada.
  2. Jelaskan dengan lengkap apa yang dimaksud dengan kriptografi fungsi hash. Sebutkan min. 3 algoritma kriptografi fungsi hash.
  3. Jelaskan dengan lengkap apa yang dimaksud dengan kriptografi kunci nirsimetri (kunci asimetri). Sebutkan min. 3 algoritma kunci nirsimetri.
  4. Anda diminta untuk membuat aplikasi/program kriptografi dengan memilih 2 dari 3 jenis kriptografi (kunci simetri, fungshi hash, kunci nirsimetri). Pilih satu algoritma saja dari setiap pilihan jenis kriptografi yang anda pilih.

PENYERAHAN TUGAS

  • Jawaban dicetak dalam bentuk makalah dengan sampul makalah. Untuk jawaban nomor 4 dicetak listing program, penjelasan program dan nama algoritma, screen shoot tampilan program secara lengkap.
  • Dalam makalah kelompok tersebut dibagian akhir juga disebutkan referensi sumber tugas (buku, makalah, jurnal, internet, ect), baik asli atau copy, foto (sampul depan + isi tulisan).
  • Jadwal Penyerahan Makalah:
    • Senin, 24-07-2017.

PENILAIAN TUGAS

  • Penjelasan dari pemahaman terhadap teori dan hasil listing, tampilan (screen shoot) aplikasi/program yang dibuat.
  • Tugas yang memiliki "kemiripan" dengan tugas kelompok lain maka yang mendapat nilai adalah kelompok yang menyerahkan makalah lebih dahulu, kelompok berikutnya tidak akan mendapat nilai. Terutama untuk jawabah soal nomor 4 maka setiap kelompok harus mengambil algortima kriptografi yang tidak boleh sama satu dengan yang lain.
  • Kemiripan tugas adalah apabila tulisan jawaban sama, dan mengambil algoritma kriptografi yang sama dengan bahasa pemrograman yang sama.
  
KLAIM MATERI TUGAS

  • Untuk menghindari "kemiripan" tugas, maka setiap kelompok dapat segera mengklaim materi tugas yang akan dibuat dengan memberikan informasi ke dosen yang bersangkutan pada kesempatan pertama mengenai nama-nama (NIM) anggota kelompok, tema proyek yang akan dibuat, dan sumber referensi (buku, makalah, jurnal, internet, etc).
  • Kelompok yang pertama melapor maka dianggap yang berhak untuk mendapat penilaian.
  • Dosen yang bersangkutan akan segera mem-posting materi tema yang diklaim oleh satu kelompok tersebut ke blog nya untuk diketahui oleh kelompok lain agar tidak mengambil tema yang sama.
 --------------------------------------------------------------------------------------------------------